Bahan Membuat Kue Macaron

Berikut ini adalah bahan-bahan umum yang biasa digunakan untuk membuat kue macaron.

Bahan Kulit Macaron

Bahan dasar kulit macaron adalah putih telur, almond bubuk, gula icing, dan gula kastor. Agar hasil macaron sempurna, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal saat menyiapkan bahan-bahan tersebut.

  • Putih telur, harus bersih dari kuning telur dan albumin (bagian yang terlihat seperti benang dan kental dalam putih telur). Sedikit saja tercampur kuning telur atau albumin, maka putih telur akan sulit mengembang / kaku saat dikocok. Salah satu syarat membuat macaron adalah mendiamkan putih telur pada suhu ruang (aging process). Lama pendiaman putih telur berkisar 1-5 jam (untuk adonan teknik swiss meringue) atau 6-24 jam (untuk adonan dengan teknik italian meringue) sejak saat dipisahkan dari kuningnya. Taruh putih telur dalam wadah tertutup atau masukkan ke dalam kantong plastik agar tidak menyerap kelembapan dari udara. Pendiam putih telur berfungsi membentuk macaron yang kokoh, kulit kuat tetapi renyah, dan mencegah adonan menjadi liat dan lengket di dasar loyang.
  • Almond bubuk, adalah jenis kacang-kacangan dengan kandungan minyak yang paling tepat untuk macaron. Meski sudah berbentuk bubuk, almond bubuk yang Anda beli masih harus dihaluskan lagi agar diperoleh butiran yang sangat halus. Almond bubuk yang kurang halus akan membuat permukaan macaron tidak mulus.
  • Gula kastor, adalah gula pasir berbentuk halus, tetapi tidak sehalus gula bubuk. Gula kastor ditambahkan pada saat putih telur dikocok, fungsinya untuk mengetalkan dan mencegah putih telur ‘turun’ lagi setelah mengembang / kaku.
  • Gula icing, berbentuk bubuk, lebih halus dari gula bubuk biasa. Gula icing tidak bisa digantikan dengan gula bubuk, sebab dalam proses pembuatan gula bubuk sering ditambahkan tepung maizena. Unsur tepung ini bisa mengakibatkan adonan macaron menjadi padat sehingga susah naik. Meski sudah sangat halus, gula icing tetap diproses bersama almond bubuk dalam grinder / chopper hingga menjadi campuran yang sangat halus. Tambahan gula membuat almond bubuk tidak menggumpal / lengket saat dihaluskan.

Bahan Tambahan Macaron

Berikut ini bahan-bahan tambahan yang biasanya digunakan untuk membuat macaron:

  • Pistachio, hazelnut, dan kelapa parut kering, bisa juga ditambahkan ke dalam adonan macaron. Ketinganya mempunyai kadar minyak yang lebih tinggi dari almond, jadi, penambahan bahan-bahan tersebut sebaiknya tidak melebihi 20% dari total pemakaian almond. Bila adonan selalu berminyak, maka putih telur akan sulit mengembang saat dipanggang.
  • Cokelat bubuk, kopi bubuk, dan green tea, selain memberi aroma dan rasa, penambahan bahan tersebut sekaligus memberikan warna yang khas. Jangan menambahkan kopi, cokelat, atau green tea terlalu banyak, karena bahan-bahan ini bersifat memadatkan adonan yang bisa membuat adonan tidak mengembang.
  • Cream of tartar, adalah bahan penstabil berbentuk serbuk warna putih, berfungsi membantu putih telur terkocok hingga mencapai volume maksimal dan tidak mudah ‘turun’ lagi meski dikocok pada suhu ruang. Cream of tartar ditambahkan saat putih telur sedang dikocok.
  • pewarna ada dua dua macam bentuk, yaitu cair dan pasta. Pewarna cair bisa digunakan untuk macaron dengan warna muda / lembut, karena jumlah pemakaiannya hanya sedikit sehingga tidak menambah terlalu banyak cairan ke dalam adonan. Tetapi untuk macaron dengan warna tua / pekat sebaiknya digunakan pewarna pasta, agar adonan tidak semakin encer. Adonan yang terlalu banyak mengandung cairan bisa tidak mengembang / naik saat dipanggang.
  • esens, sering ditambahkan untuk memberikan aroma dan rasa karena klit macaron sendiri tidak terlalu menonjol cita rasanya.

Bahan Untuk Isi Macaron

Umumnya, isi macaron terbuat dari ganache, yaitu campuran cokelat masak yang dilelehkan, gula halus, dan krim atau mentega. Ganache yang dioleskan pada kulit macaron akan mengering dengan sendirinya. Selain itu, macaron juga bisa diisi dengan aneka krim, seperti krim vanilla, krim stroberi, krim karamel, buttercream, atau mascarpone cream. Krim bersifat lebih basah daripada ganache, karena itu macaron berisi krim harus segera disantap. Bila dibiarkan terlalu lama, kulit macaron akan menjadi basah dan tidak renyah lagi. Sedangkan macaron berisi ganache masih bisa disimpan hingga 5 hari di dalam lemari es.

Iklan

One thought on “Bahan Membuat Kue Macaron

  1. Ping balik: Tentang Macaron | Kue Macaron

Komentar ditutup.