Peralatan Membuat Kue Macaron

Berikut ini peralatan-peralatan yang biasa digunakan dan dibutuhkan untuk membuat kue macaron:

  • Grinder / chopper, dibutuhkan untuk menghaluskan almond bubuk bersama gula icing. Setelah dihaluskan, campuran almond – gula ini harus disaring hingga mendapatkan bubuk almond yang benar-benar halus. Bila Anda menghaluskan almond dalam jumlah yang lebih besar, gunakan food processor agar lebih cepat.
  • Mikser, mutlak diperlukan untuk mengocok adonan. Mikser dengan dudukan (standing mixer) paling tepat digunakan karena mempunyai gerakan yang stabil. Tetapi, mikser tangan juga bisa mengocok putih telur hingga mengembang sempurna, asal dipegang dengan gerakan memutar yang konstan.
  • Panci berdasar tebal, diperlukan untuk membuat sirup gula (untuk macaron dengan tehnik italian meringue). Panci berdasar tebal menghantarkan panas dengan baik, membuat gula meleleh dengan sempurna tanpa membuatnya cepat gosong. Lebih baik lagi bila bagian dalam panci berbahan teflon, sehingga laurtan tidak mengkristal di pinggir wajah.
  • Termometer gula, digunakan untuk mengukur suhu sirup gula dalam panci. Ada yang berbentuk digital, ada pula termometer dengan air raksa.
  • Loyang datar tebal, sangat berpengaruh terhadap hasil macaron. Bila loyang tidak rata, hasil macaron tidak akan bundar sempurna karena adonan akan melebar tidak beraturan. Loyang yang terlalu tipis juga membuat macaron cepat gosong di bagian dasar. Bila loyang terlalu tipis, alasi loyang berisi adonan dengan loyang kosong (ditumpuk) untuk menghalangi panas langsung dari api bawah.
  • Kertas roti anti lengket, alas untuk memanggang adonan, berbentuk lembaran dengan lapisan lilin. Bahan kertas ini bisa digunakan untuk 1-2 kali memanggang, selama bentuk kertas masih datar / halus. Bila sudah berkerut, sebaiknya jangan dipakai lagi karena akan membuat dasar macaron bergelombang. Ada juga alas memanggang berbahan silikon, berwarna krem, bisa digunakan berkali-kali karena dapat dicuci. Dengan alas berbahan silikon, hasil macaron bagian bawahnya lebih rata, tidak gosong, dan lebih mudah dilepaskan.
  • Oven, diperlukan oven dengan alat pengatur suhu yang dapat diatur. Ada bermacam-macam tipe dan merek oven, semuanya mempunyai standar suhu yang tidak sama. Karena itu, kenali betul suhu oven Anda. Untuk memanggang macaron, dibutuhkan panas oven 150 – 170 derajat celcius. Tetapi ingat, suhu yang tertera di resep belum tentu sama bila diterapkan pada oven Anda. Pastikan ANda menaruh loyang di rak bagian tengah agar tidak terlalu dekat dengan sumber panas dari bawah.

One thought on “Peralatan Membuat Kue Macaron

  1. Ping balik: Tentang Macaron | Kue Macaron

Komentar ditutup.